Membangun sistem inovasi untuk kesejahteraan masyarakat

Detail Cantuman

Text

Membangun sistem inovasi untuk kesejahteraan masyarakat

XML

Sistem inovasi merupakan jembatan antara penyedia teknologi dan pengguna teknologi agar teknologi yang dihasilkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Sistem inovasi di daerah cukup penting untuk dikembangkan karena bukan saja menyangkut kemajuan inovasi (iptek) di daerah, melainkan juga menyangkut pendayagunaannya untuk kepentingan pembangunan ekonomi, sosial, dan budaya daerah.
Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menjalankan sistem inovasi, namun kenyataannya sistem inovasi di daerah belum bekerja efektif. Saat ini telah dikembangkan model sistem inovasi yang dapat menjadi alat dalam mengembangkan sistem inovasi yang efektif di daerah, yang dapat mendorong peningkatan pemanfaatan inovasi di daerah sehingga berdampak pada peningkatan produktivitas kerja, yang akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Model sistem inovasi yang dikembangkan juga dapat menjadi alat analisis kebijakan pemanfaatan inovasi di daerah.
Buku ini menjelaskan tahapan implementasi model sistem inovasi yang telah dilaksanakan di desa Bakustulama, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Dari hasil implementasi di lapangan, sistem inovasi yang dikembangkan telah terbukti membawa masyarakat pada peningkatan pemanfaatan inovasi sehingga dapat meningkatkan produktivitas untuk peningkatan kesejahteraan hidup.
Buku ini sangat diperlukan oleh pemerintah (daerah) sebagai pembuat dan pelaksana kebijakan. Selain itu, buku ini juga sangat berguna bagi pelaku inovasi, lembaga penelitian, penyebarinovasi, dan masyarakat umum yang tergerak membantu menanggulangi kemiskinan penduduk melalui pemanfaatan inovasi di masyarakat.


Detail Information

Item Type
E-Book
Penulis
Rachmini Saparita - Personal Name
Savitri Dyah - Personal Name
Akmadi Abbas - Personal Name
Elok W. Hidajat - Personal Name
Bahasa
Indonesia
Isbn/Issn
978-979-799-817-2
Penerbit LIPI Press : Jakarta.,
Edisi
Subyek
Copyright
2015 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
Lisensi
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya